• SMA INSAN KAMIL BOGOR
  • Mencetak Sarjana yang Ulama

Tujuan

  1. Mendidik murid-murid agar dapat mencapai Prestasi Diniyah sebagaimana berikut :

 

Aqidah

Ibadah

Akhlaq

Pokok-pokok

Menguasai dan mengamalkan Rukun Iman dengan dasar Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah

Menguasai dan mengamalkan Rukun Islam dengan dasar Mazhab Al-Imam Asy Syafi’i

Menguasai dan mengamalkan Rukun Akhlaqul Karimah/ Ihsaniyah dengan dasar Thoreqot Al-Imam Al-Ghozali

Sikap/Kepri badian

·   Niat yang lurus

·   Iman yang kuat

·   Keyakinan yang benar

·   Aqidah yang kokoh

·   Uswatun Hasanah

·   Sikap ta’dzim yang dalam

-    Keyakinan ibadah yang benar

-    Tertib ibadah dengan fardlu dan sunnahnya

-    Menjaga adab-adab ibadah

-    Toleransi pada batas-batas yang dibenarkan syare’at

-   Terdorong untuk mengamalkan segala aspek ibadah

-   Memelihara diri  dari segala yang dilarang Allah SWT

Kematangan Kualitas Diri

·   Kesadaran penilaian diri

·   Kesadaran perbaikan diri

·   Kesadaran pengembangan diri

·   Kesadaran dakwah dan kemanfaatan seluas-luasnya

-    Ibadah adalah kewajiban, kebutuhan

-    Ibadah dapat direfleksikan dalam kehidupan

-    Ibadah mendorong prestasi dan kreasi

-    Ibadah membuahkan halwatul ibadah, ni’matul ibadah, ma’rifatullah dan mahabbatullah

Berusaha sekuat kemampuannya untuk menjadikan hidup ini bernilai ibadah dalam keadaan “beribadah seperti melihat kepada Allah, bila tak mampu maka yakin bahwa Allah SWT senantiasa melihat dan memperhatikan kepada diri ini”

Tanggung Jawab Pribadi

-    Kemaslahatan diri

-    Kemasalahan keluarga

-    Kemaslahatan masyarakat

-    Kemaslahatan negara

-    Keterampilan dan disiplin

-    Penghayatan ibadah

-    Kesadaran melaksanakan

-    Dorongan yang kuat

Menghias hidup dengan ibadah, menghias ibadah dengan akhlak, dan menghias akhlak dengan ikhlas

 

Pencapaian prestasi diniyah ini dilaksanakan dengan mengembangkan Kurikulum Diniyah Insan Kamil dengan pendekatan integrated curriculume. Hal ini mengingat jam pelajaran Agama hanya diberikan 2 jam di kelas tidak mencukupi.

Kurikulum Diniyah dilaksanakan melalui : 1) Pembiasaan dan Penanaman Nilai-Nilai Diniyah; 2) Pengajian Kitab; 3) Integrasi nilai-nilai Diniyah Islamiyah dalam setiap mata pelajaran dan 4) Praktek Ibadah

 2. Mendidik murid-murid agar dapat mencapai Prestasi Akademis sebagaimana berikut:

  • Landasan Daya Nalar
    • Kemampuan Daya Nalar Yang Tinggi
    • Wawasan dan Orientasi Iptek yang Mendalam
    • Kemampuan Mengembangkan Metoda Berpikir Jauh ke Depan
    • Kemampuan Daya Argumentasi yang Kuat
  • Landasan Kualitas Kepribadian
    • Kemampuan Menemukan Metoda dan Kiat-Kiat Pematangan Kualitas Diri
    • Kemampuan Meningkatan dan Mematangkan Kualitas Diri
    • Kemampuan Mengembangkan Manfaat dari Kualitas Diri

 3. Mendidik murid-murid agar dapat mencapai Prestasi Keterampilan sebagaimana berikut :

  • Landasan Pengembangan Potensi Bakat, Minat dan Prestasi
    • Keterampilan Berkomunikasi dengan Berbagai Bahasa
    • Keterampilan Berbagai Cabang Membaca, Menulis, Pidato, Dakwah, Mengarang, dsb
    • Keterampilan Berbagai Kemampuan : Pertanian, Memasak, Menjahit, Kesenian, Olahraga Prestasi, Informatika/Komputer.
  • Landasan Pengembangan Potensi Kemasyarakatan
    • Keterampilan berbagai kegiatan dakwah, mengajar, pergaulan/ muammalah, dsb
    • Keterampilan berbagai Kegiatan Sosial/Kemasyarakatan, Kepemimpinan, Manajemen, Ekonomi/Akuntansi, Sejarah, dsb

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil

Nama Satuan SMAS INSAN KAMIL NPSN 20220327 Bentuk Pendidikan SMA Status Sekolah Swasta Status Kepemilikan Yayasan SK Izin Operasional 352/I02.4/R 86 Tanggal SK 1986-04-30

14/09/2019 08:57 WIB - Bang Idris
Visi dan Misi

Visi “Dengan berlandaskan aqidah, syareat dan akhlakul karimah, SMA Insan Kamil Bogor menjadi sekolah berprestasi dan kemanfaatan ilmu seluas-luasnya.” Misi Mendidik murid-m

14/09/2019 08:57 WIB - Bang Idris